Jakarta (MI) ~ Sejak mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Republik Indonesia ini pada khususnya, pendidikan untuk mengajar di sekolah ditiadakan sehingga para murid belajar dari rumah.

Setelah kegiatan belajar mengajar pada semester kenaikan, baik itu Sekolah Dasar (SD), SMP hingga SMA/SMK maupun Madrasah, untuk menggiatkan sekolah, maka diadakan pembelajaran melalui online dengan aplikasi Zoom.

Hal itu dikemukakan Ustadz Fuadi, S.I.P, guru Madrasah Tsanawiyah Al-Wathoniyah 1A Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur akan mencoba menerapkan belajar mengajar melalui aplikasi Zoom tersebut. Kepada wartawan Koran Metro Indonesia Online, Senin (27/07/2020) di rumahnya saat memberikan tugas melalui WhatsApp grup siswanya.

“Saya melihat dari aplikasi ini cukup efektif dan efisien dalam pembelajaran kepada para siswa, karena untuk penjelasan dari buku-buku LKS (Lembar Kerja Siswa – Red) tidak bisa dilakukan seiring dengan peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), sehingga hampir semua siswa tidak mengerti dan perlu adanya keterangan atau penjelasan dari guru mata pelajaran tersebut,” tegas Ustadz Fuadi yang mengajar Bahasa Indonesia.

Menurut Ustadz Fuadi, dalam pembelajaran melalui internet yang akan dilakukannya kepada para siswanya itu, untuk lebih mengerti tentang aplikasi dalam hal belajar mengajar itu akan diberikan pengertian terlebih dahulu kepada para siswanya langsung oleh salah satu rekannya yang cukup mengerti tentang aplikasi tersebut.

“Kebetulan saya ada teman yang sedikit mengerti tentang aplikasi tersebut, dan saya akan ada pertemuan dengan para siswa di rumah saya dengan dibagi waktunya, karena saya tetap harus mengikuti peraturan tentang pencegahan penularan virus Corona, yakni menjaga jarak,” papar Ustadz Fuadi yang di Madrasah Tsanawiyah Al-Wathoniyah sebagai wali kelas 9B.

Untuk diketahui Madrasah Al-Wathoniyah 1A yang beralamat di Jln. Bojong Indah Raya – Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur terdapat pendidikan mulai Taman Kanak-Kanak (TK), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Majelis Taklim kaum bapak dan kaum ibu.

MI – 003