Banda Aceh (MI) ~ Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta warga kota agar terus waspada mengingat jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah tersebut kembali bertambah sebanyak 30 orang yang sedang dalam pemantauan pekan lalu atau bertambah tujuh orang dari pekan sebelumnya.

Hingga kini, lanjut wali kota, total seluruh ODP menjadi 836 orang, dan 806 di antaranya telah selesai dilakukan pemantauan berdasarkan data yang diinformasikan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Ahad (17/5). “Pada status ODP, memang trennya terus menampilkan penurunan, namun angkanya tidak selalu stabil. Untuk itu kami harap warga terus patuhi imbauan,” ujar Aminullah.

Disamping itu, Aminullah juga tak bosan-bosannya mengingatkan warga agar terus disiplin menggunakan masker dalam setiap aktivitas ketika keluar dari rumah, tetap jaga jarak, dan budayakan cuci tangan. Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh tetap mengingatkan warga untuk terus waspada dengan mematuhi protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang ada.

“Sabtu (16/5) kemarin, kita sudah mulai berlaku wajib masker. Warga harus mematuhinya, dan mohon kerja samanya guna memutuskan mata rantai corona ini agar kita bisa beraktivitas dengan normal kembali,” kata Wali Kota Aminullah.

Untuk razia masker sendiri terus digelar yang dimulai awal pekan ini atau Senin (18/5). Razia masker dalam mencegah COVID-19, ini sebelumnya telah dilaksanakan di kawasan Jalan Medan-Banda Aceh, Kecamatan Lueng Bata, lalu Simpang Mesra Darussalam atau pintu masuk ke Banda Aceh dari arah Krueng Raya, Aceh Besar, dan Simpang Dodik arah masuk ke Banda Aceh dari Aceh Barat.

MI – 033