Denpasar-Bali (MI) ~ Untuk menggapai gelar sarjana tidaklah mudah, perlu waktu, uang, kesempatan, dan tekad kuat dalam diri pribadi, kemudian dimana cita-cita itu diraih. Begitu juga dengan keinginan yang begitu kuat pada diri Togar Situmorang, SH, MH, MAP, sejak dari 54 tahun yang lalu dia dilahirkan pasti punya cita-cita dan ia raih dengan cukup sukses sebagai Advokat.

Selain itu juga tak berlebihan jika sepanjang tahun 2019 lalu, Togar Situmorang meraih banyak penghargaan. Mulai dari masuk daftar 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank hingga meraih penghargaan Indonesia Most Leading Award 2019 dan terpilih sebagai The Most Leading Lawyer In Satisfactory Performance Of The Year. Bahkan Togar Situmorang tercatat sebagai salah satu advokat papan atas di Bali dan dijuluki Panglima Hukum ini terus berkibar di Pulau Dewata.

Seiring dengan prestasi Togar Situmorang tersebut, maka pria keturunan Medan yang meraih gelar Sarjana Hukum (S.1) di Undiknas tahun 2012 itu mengadakan lomba pembuatan Karya Tulis Hukum khusus untuk mahasiswa Fakultas Hukum, mulai dari Semester V sampai dengan mahasiswa Pasca Sarjana (S.2) di Universitas se-Indonesia. Karena ada keinginan Togar Situmorang dalam beracara hingga kepedulian di bidang ilmu pengetahuan pada mahasiswa fakultas hukum di seluruh Indonesia.

“Disaat kita masih duduk di bangku SD atau mungkin juga TK pasti mempunyai cita-cita, dan tidak bisa kita pungkiri bila kita bertanya kepada seorang anak kecil, ‘Cita-citamu apa nak..?’ atau ‘Nanti kalau sudah besar mau jadi apa nak..?’. Maka dengan gapaian yang saya dapati sebagai rasa syukur, saya menggelar lomba karya tulis untuk Mahasiswa Fakultas Hukum se-Indonesia,” papar Togar Situmorang yang mendapat Magister Administrasi Publik (MAP) dari Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), Denpasar, Bali tahun 2015 dan Pasca Sarjana Magister Hukum (MH), dari Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta tahun 2016.

Mengenai Lomba Karya Tulis ini, Law Firm Togar Situmorang bekerja sama dengan PT. Bali Global Service (BGS) yang dipimpin oleh Axl Mathew Situmorang, adapun ide ini muncul karena untuk mendorong minat para mahasiswa terutama mahasiswa Fakultas Hukum untuk membuat suatu karya tulis salah satunya berbentuk jurnal. “Karena saya melihat minat dari para mahasiswa ini sangat menurun padahal nantinya dia akan membuat suatu karya ilmiah yang lebih sulit yaitu skripsi atau tesis,” ucap Togar Situmorang,S.H., M.H., M.A.P., yang juga Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar.

Adapun kriteria dan informasi lomba ini, untuk mahasiswa fakultas hukum semester V sampai dengan Mahasiswa Pasca Sarjana S2 di Universitas se-Indonesia. Acara ini dibuka awal pendaftarannya dari tanggal 18 Mei sampai tanggal 18 Juni 2020, waktu pengumpulan karya tulis tanggal 27 Juni hingga tanggal 29 Juli 2020 dan akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 18 Agustus 2020 yang bertepatan dengan hari ulang tahun Togar Situmorang.

Bagi para Peserta mendaftar KLIK DISINI

Karya Tulis dikirim melalui email Panitia lktmfh.lawts@gmail.com para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa Piala, piagam, dan uang tunai untuk juara Pertama sebesar 2 juta Rupiah, juara Kedua mendapatkan 1,5 juta Rupiah serta juara Ketiga mendapatkan 1 juta Rupiah. Dengan syarat penilaian menampilkan utility (bebas plagiat), judul menarik, thema bebas, permasalahan yang dibahas terkait hukum secara universal, menilai metode penelitian yang akan dipakai, dan kirim dalam bentuk pdf.

“Tujuan saya membuat acara ini adalah ingin meningkatkan gairah membaca dari para mahasiswa hukum juga menerima calon advokat yang mau gabung di Law Firm TOGAR SITUMORANG. Sebab kunci sukses mempelajari hukum adalah membaca, dan tanpa membaca kita akan mengalami kesulitan dalam menganalisis suatu kasus,” ucap Togar Situmorang,SH,MH,MAP yang baru selesai Ujian Proposal Disertasi untuk mendapatkan gelar Doktor Ilmu Hukum di Universitas Udayana (Unud) Bali, juga menjabat Ketua Hukum dari RS dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang Jawa Timur.

Togar Situmorang lebih lanjut menambahkan, lomba ini sebagai bentuk motivasi, keinginan serta cita-cita yang akan kita gapai. “Semoga melalui acara ini mahasiswa Fakultas Hukum tidak malas lagi dan lebih tertarik untuk membuat suatu karya ilmiah dalam bentuk apapun serta bisa melatih pemikiran untuk membedah dan menganalisa suatu kasus maupun permasalahan yang ada di masyarakat,” tutup advokat Togar Situmorang.

Adapun kantor Law Firm TOGAR SITUMORANG, yakni kantor pusat di Jl. Tukad Citarum No. 5 A Renon, Denpasar-Bali, kemudian kantor cabang Denpasar di Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Kesiman Denpasar, serta cabang Jakarta terletak di Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Gedung Piccadilly Room 1003-1004, Jakarta Selatan.

MI – 003