Jakarta (MI) ~ Jumlah pasien positif Covid-19 di Jakarta menembus angka 4.283 orang hingga Sabtu (2/5/2020).

Dari total pasien yang terinfeksi virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) itu, 427 pasien dinyatakan sembuh, sementara 393 pasien meninggal dunia.

Berdasarkan informasi di situs web corona.jakarta.go.id, domisili pasien positif Covid-19 tersebar di 260 kelurahan di seluruh kecamatan di Jakarta.

Sedangkan total kelurahan di DKI Jakarta sebanyak 267 kelurahan. Artinya, ada tujuh kelurahan yang masih terbebas dari kasus positif Covid-19.

Meskipun demikian, di kelurahan-kelurahan tersebut sebelumnya ada orang dalam pemantauan (ODP) yang sempat dipantau dan atau pasien dalam pengawasan (PDP) yang sempat dirawat.

Dari tujuh kelurahan, kini tinggal dua kelurahan yang memiliki ODP dan PDP, yakni satu ODP yang masih dipantau di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu; dan satu PDP yang masih dirawat beralamat di Kuningan Barat, Jakarta Selatan.

Beberapa masyarakat bisa bersuka cita dengan disebutkan bahwa terpaparnya Covid-19 di Jakarta mulai berkurang, hal itu dikarenakan masyarakat Jakarta mengikuti anjuran Pemerintah Daerah dan berbagai bantuan diberikan sesuai kebutuhan.

“Kalau pihak Kelurahan, RW dan RT benar-benar menjalankan tugas dalam mencegah terjangkitnya virus Corona ditengah-tengah warga, tentunya virus yang mematikan itu berangsur-angsur hilang. Seperti rutin penyemprotan desinfektan, menindak warga yang tidak memakai masker serta bantuan sosial (bansos) yang merata,” ujar tokoh masyarakat dari Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Berikut tujuh kelurahan yang masih nol kasus positif Covid-19 di Jakarta:

1. Kuningan Barat, Jakarta Selatan

2. Roa Malaka, Jakarta Barat

3. Duri Selatan, Jakarta Barat

4. Pulau Harapan, Kepulauan Seribu

5. Pulau Panggang, Kepulauan Seribu

6. Pulau Pari, Kepulauan Seribu

7. Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu