Jakarta (MI) ~ Judistira Hermawan, B.Buss selaku anggota DPRD DKI Jakarta melakukan masa reses untuk silaturrahmi kepada konstituennya di Rukun Warga (RW) 008, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Masa reses ini menjadi media bagi anggota dewan untuk menyerap aspirasi, menerima pengaduan dan gagasan-gagasan yang berkembang di daerah. Reses adalah salah satu kunci keberhasilan bagi anggota DPRD sebagai aktor yang berperan sebagai representasi dan wakil rakyat di pemerintahan.

Masyarakat dari 16 RT di RW 08, Kecamatan Cakung yang hadir.
Para pengurus Ketua RT duduk di barisan depan.

Untuk itulah Judistira Hermawan dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) melakukan masa reses di lingkungan Kampung Waru Doyong, RW 08 Kecamatan Cakung, menerima aspirasi masyarakat yang selama ini sangat dibutuhkan.

“Perlu diketahui, masa reses tersebut artinya kualitas anggota dewan juga ditentukan oleh sejauh mana ia berhasil dalam melakukan artikulasi dan agregasi kepentingan masyarakat serta membela aspirasi masyarakat yang menjadi konstituennya,” ujar Judistira.

Perlu diketahui oleh masyarakat, bahwa Komisi D bagian pembangunan, memiliki Ketua Komisi Ida Mahmudah dari Fraksi PDI-P, Wakil Ketua Komisi Nova Harivan Paloh dari fraksi Nasdem, dan Sekretaris Komisi Syarif dari fraksi Gerindra.

Sedangkan para anggota Komisi D adalah Judistira Hermawan, Pantas Nainggolan, Yuke Yurike, Panji Virgianto S, Hardiyanto Kenneth, Abdul Ghoni, Nurhasan, Dedi Supriadi, Hj. Yusriah Dzinnun, H. Muhayar, H. Ferrial Sofyan, Hj. Neneng Hasanah, Riano P Ahmad, Syahroni, Viani Limardi, Justin Adrian, Muhammad Idris, Jamaluddin Lamanda, dan Matnoor Tindoan.

Judistira Hermawan berfoto bersama kontituennya di Kampung Waru Doyong, RW 08, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Anggota DPRD dari Komisi D itu mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.12 tahun 2018 Pasal 125 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota menyebutkan, bahwa fraksi wajib mempublikasikan laporan kinerja tahunan yang memuat tentang pandangan atau sikap Fraksi terhadap seluruh kebijiakan yang diambil terkait pelaksanaan fungsi pembentukan Perda, pengawasan, dan anggaran.

“Hal ini berarti bahwa fraksi wajib untuk mempertanggungjawabkan hasil kinerja kepada masyarakat luas terkait perkembangan aspirasi masyarakat yang telah diserap termasuk pada saat melakukan reses,” pungkasnya.

Judistira Hermawan bersama Beni Iskandar, SH, Pemimpin Redaksi Metro Indonesia Online.

Pria yang lahir di Jakarta, 9 Desember 1975 itu ternyata mendapat sambutan hangat, karena kepiawaiannya dan dikagumi oleh masyarakat di RW 08. Hampir 16 Ketua pengurus RT yang hadir dalam acara Reses anggota dewan itu.

MI – 001