Karawang (MI) ~ Ratusan rumah di sejumlah titik sekitar Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar), terendam banjir. Hal ini menyusul tingginya curah hujan yang mengakibatkan meluapnya Sungai Cilamaya.

“Ada 375 rumah yang tergenang akibat meluapnya sungai Cilamaya,” kata Komandan Kodim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, di lokasi banjir Cilamaya, Karawang, Kamis (6/2/2020)

Dia mengatakan, dari 375 rumah yang tergenang air tersebut, ada 425 keluarga dan 1.800 jiwa yang terdampak banjir. Ketinggian air di sejumlah titik yang dilanda banjir sekitar 50 centimeter. Akibat banjir itu, sebanyak 150 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Warga yang mengungsi mencapai 150 orang. Sedangkan warga lainnya masih bertahan di rumahnya masing-masing,” papar Medi.

Video banjir Cilamaya > KLIK DISINI

Dandim menyatakan, setelah diketahui terjadi banjir, pihaknya bersama pihak kepolisian dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melakukan evakuasi warga terdampak banjir.

Petugas mengevakuasi warga korban banjir ke tempat yang lebih aman, seperti masjid. Dalam evakuasi itu, petugas menurunkan sejumlah perahu karet.

MI – 003