Palembang (MI) ~ Kota Palembang, Sumatera Selatan masih berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2021 karena perwakilan dari PSSI, FIFA dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menyurvei Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring pada pertengahan Februari 2020.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sumatera Selatan Ucok Hidayat di Palembang, Minggu, mengatakan, survei ini dilakukan karena FIFA menilai sejatinya Gelora Sriwijaya Jakabaring itu layak mengelar pertandingan selevel Piala Dunia.

“Artinya tinggal lagi dukungan dari masyarakatnya yang akan dilihat. Dari sisi fasilitas, tidak usah diragukan lagi karena Palembang menjadi tuan rumah Asian Games,” kata Ucok Hidayat.

Ia mengatakan untuk menghadapi tim survei dari FIFA ini, Asprov Sumsel sudah berkoordinasi dengan intansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, KONI Provinsi, dan pengelola Jakabaring Sport City.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sumatera Selatan Ucok Hidayat.

“Ini terkait dengan hal-hal teknis, seperti penjemputan di bandara, materi persentase hingga penyiapan stadion seperti lapangan rumput, toilet, dan ruang ganti,” kata dia.

Sebelumnya, sempat dikabarkan bahwa Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang tidak terpilih menjadi penyelenggara pertandingan Piala Dunia U-20 tahun 2021 dari 10 stadion yang diajukan PSSI Pusat.

Namun, belakangan muncul informasi bahwa penetapan enam stadion Stadion GBK Senayan, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar diketahui belum final.

FIFA memberikan syarat bahwa pertandingan Piala Dunia U20 membutuhkan setidaknya empat stadion dengan dilengkapi masing-masing lima lapangan latihan. Kemudian PSSI mengajukan permohonan agar ditambah dua stadion menjadi enam stadion, dan disetujui FIFA.

MI – 003