Kubu Raya (MI) – Bagi masyarakat Kabupaten Kubu Raya dan Provinsi Kalimantan Barat pada umumnya, dan khususnya para pecinta alam yang sedang berburu destinasi wisata baru, jangan khawatir. Karena, ada Hutan Albasia yang menjadi tujuan wisata baru.

Letaknya tak jauh dari Bandara Internasional Supadio Pontianak. Yakni di Dusun Karya Satu, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya. Hutan Albasia dulunya terabaikan.

Kini memiliki potensi wisata unggulan di kabupaten yang besebelahan dengan Kota Pontianak ini, adem ayem ketika berada di sana. Pasalnya, Desa Kuala Dua tak jauh dari pusat pemerintahan dan obyek vital serta memiliki jumlah penduduk terbesar kedua setelah Desa Parit Baru.

Dunia ini adalah sebuah buku, dan bagi yang tak berpetualang, maka dia hanya membaca satu halaman saja. (METRO INDONESIA)

Melihat besarnya potensi wisata ini, membuat Kepala Desa Kuala Dua Abbas menggandeng pemuda setempat untuk menjadikan hutan tersebut sebagai tempat wisata.

Bak gayung bersambut. Keinginan Abbas langsung direspon positif Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan yang memang sejak dulu menginginkan adanya wisata di kabupaten yang berusia 12 tahun ini.

Setelah melakukan berbagai persiapan dan koordinasi secara intens dengan pihak terkait, Hutan Albasia yang memiliki luas lebih dari 3,8 hektar itu diresmikan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, pada Sabtu (18/01/2020) lalu. Kini, sah menjadi destinasi wisata baru.

Abbas, Kepala Desa Kuala Dua.

“Hutan ini dulunya diabaikan dan tidak dimanfaatkan. Sekarang kami sulap menjadi tempat wisata dan sudah diresmikan. Kami pun sebelumnya sudah berkoodinasi dengan PT Alas Kusuma selaku pemilik lahan,” kata Abbas usai peresmian, Sabtu siang.

Abbas mengatakan, destinasi wisata Hutan Albasia merupakan bagian dari kreasi dan inovasi kaum milenial atau pemuda di desa yang dipimpinnya. Tentunya hal ini menunjukkan kalau pemuda di Desa Kuala Dua merupakan generasi yang maju dan senantiasa mengikuti perkembangan zaman.

“Insya Allah, pemuda-pemuda ini akan selalu berbuat yang terbaik untuk Desa Kuala Dua tercinta ini. Khususnya di Dusun Karya Satu yang akan menambah kreasi baru, yang memang dulunya tidak terlalu aktif. Sehingga dengan adanya wisata Hutan Albasia ini akan menjadi wisata baru di Kubu Raya,” ungkap Abbas.

Ia juga mengapresiasi pihak PT Alas Kusuma yang mengizinkan lahannya untuk dijadikan tempat wisata. “Alhamdulillah, dengan adanya tempat wisata ini tentunya bisa menjadi wadah silaturrahmi dan menjadi tempat bersantai untuk menghilangkan kepenatan setelah beraktivitas seharian. Membuat orang akan merasa nyaman saat ada di Hutan Albasia ini. Insya Allah,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya Iping Indrawati mengatakan, Hutan Albasia menjadi tempat wisata Albasia pertama di Kubu Raya.

Pihaknya juga mengapresiasi peran pemuda yang didukung langsung Pemerintah Desa Kuala Dua dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam mengembangkan wisata Hutan Albasia ini.

“Kami menginginkan kedepannya lebih banyak diskusi antara Dinas Pariwisata dan masyarakat Desa Kuala Dua agar lokasi Hutan Albasia ini bisa lebih menarik lagi. Agar tidak kalah indahnya dengan wisata hutan yang ada di pulau Jawa,” harapnya.

Video wisata Albasia — KLIK DISINI

Ayo kepada seluruh masyarakat Indonesia dan pencinta alam, segera datangi wisata Hutan Albasia yang begitu Indah di Pulau Kalimantan. “Menyesal kalo belum datang, karena ada khas tersendiri, ingat satu hal; Dunia ini adalah sebuah buku, dan bagi yang tak berpetualang, maka dia hanya membaca satu halaman saja,”

Tim Investigasi MI (Ilham & Amsah)