Menteri Agama Fachrul Razi.

JAKARTA – MI Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengingatkan masyarakat Indonesia akan bahaya umrah berbiaya murah.

Ia pun mengimbau supaya berhati-hati bila ada perusahaan biro perjalanan atau travel yang menawarkan umrah dengan biaya murah. Misalkan saja di bawah harga Rp20 juta.

“Kalau ada yang di bawah Rp20 juta, jangan ikut. Itu pasti menipu dan bohong. Jangan ambil keuntungannya saja,” katanya,

Oleh karena itu, mantan Wakil Panglima TNI ini akan mengambil langkah-langkah yang terbaik, agar persoalan kasus jemaah umrah di Indonesia tidak terjadi kembali.

Pernyataan Menag Fachrul Razi menanggapi atas kasus penipuan jemaah umrah First Travel. Bahkan, ia segera melakukan koordinasi mengenai jemaah umrah First Travel tersebut.

“Kami juga ingin coba-coba memikirkan apa langkahnya karena kan sudah ada putusan MA (Mahkamah Agung), sudah¬†inkraht. Tidak banyak yang bisa kita lakukan, tapi nanti akan kami dudukan bersama bagaimana langkahnya,” jelas dia.

Sebelumnya, berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 3096 K/Pid.Sus/2018, aset PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel harus dikembalikan kepada negara.

Adapun total barang sitaan kasus First Travel sebanyak 820 item, di mana 529 di antaranya merupakan aset yang bernilai ekonomis.MI-010