Andi Taufan CEO Amartha

JAKARTA-MI Salah satu dari staf khusus presiden yang diumumkan sore ini terdapat nama Andi Taufan Garuda Putra. Taufan sendiri merupakan Founder sekaligus CEO dari perusahaan peer to peer landing, Amartha.

Lelaki 32 tahun itu lahir di Jakarta dan berdarah Bugis. Dia mendapatkan gelar sarjananya dari Institut Teknologi Bandung.

Lalu melanjutkan studinya di Master of Public Adminstration Harvard Kennedy School, Amerika Serikat.

Dalam laman resmi Amartha, tertulis dia mendirikan perusahaannya pada 2010. Taufan memulai bisnis yang memiliki dampak sosial ini dengan memberikan permodalan pada perempuan. Layanan pertamanya diawali dengan perempuan di Desa Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Amartha sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Startup dengan nama PT Amartha Mikro Fintek ini memberikan pinjaman dana dan sudah menjangkau hingga pelosok daerah.

Setelah lulus dari Harvard Kennedy School, dia mengubah Amartha dari lembaga keuangan mikro koonvensional menjadi peer-to-peer landing. Amartha menjadi penghubung investor dengan usaha mikro perempuan di pedesaan lewat pemanfaatan teknologi.

Dalam akun Linkedinnya, sebelum mendirikan Amartha Taufan pernah bekerja sebagai Business Consultant di perusahaan informasi teknologi IBM dari Januari 2008 hingga Juli 2009.

Taufan menjadi salah satu dari tujuh orang staf khusus milenial presiden Joko Widodo. Selain dia, ada nama CEO Ruangguru Belva Devara, Putri Tanjung, Ayu Kartika Dewi, Gracia Billy Mambrasar, Angkie Yudistira, dan Aminuddin Maruf.MI-010