Kerinci (MI) – Pada Acara Tour de Singkarak tahun 2019  pada etape 7 hari Sabtu, tgl. (08/11), Sukses Digelar balapan sepeda yang melintasi Kabupaten Kerinci, start di Air terjun dan  finish di Dermaga Danau Kerinci.

Start dimulai tepat pukul 14.00 finish Pukul 15.50 ditempuh dalam waktu 1 jam 50 menit menyisakan 18 tim dari 20 tim yang berasal dari 24 negara, karena ada 2 Tim mengundurkan diri.

Turut hadir Bupati Kerinci, Adirozal, Wakil Bupati kerinci Ami Taher, Sekda kab. Kerinci Gusdanul Gazzam, serta Forkopimda dan semua SKPD kab. Kerinci, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.M. Dianto serta jajaran official Tour De Singkarak (TdS), serta ASN ruang lingkup Kab. Kerinci dan disambut masyarakat kabupaten Kerinci luar biasa dan antusias.

Pada etape 7, peserta balapan yang berhasil menyabet kemenangan pada kategori Stage Individual Classification diantaranya yaitu :
1. Mohammad Ganjkhanlou dari tim Foolad Mobarakeh Sepahan asal Iran

2. Akmal Hakim Zakaria dari tim Sapura Cycling asal Malaysia

3. Jesse Ewart dari tim Sapura Cycling asal Malaysia

Kategori Best Indonesian Rider (Red and White Jersey) diraih oleh Agung Sahbana dari tim KFC Cycling.

Sedangkan Best Climbers’ Classification (Polkadot Jersey) didapat oleh Ismael Jr Grospe dari tim Go For Gold Philippines.

Best Sprinters’ Classification (Green Jersey) dairaih oleh Jesse Ewart dari tim Sapura Cycling.

Individual General Classification By Time (Yellow Jersey) diberikan kepada Jesse Ewart dari tim Sapura Cycling.

Komentar dari masyarakat Munir “pada acara TDP ini kami dari masyarakat sangat senang dengan adanya kejuaraan yang diadakan oleh pemkab kerinci,  klau dapat kejuaraan ini diadakan setiap setahun sekali sekaligus dapat mengenali Objek pariwisata yang ada di kerinci propinsi jambi, event ini juga merupakan perrama kali diadakan di kerinci maupun di sungai penuh”.

Kalau dapat akses jalan yang di tempuh harus bagus dan jangan ada pasir koral maupun tanah ditengah jalan,mana jalan yang berlobang diperbaiki agar lebih bagus buat even balapan sepeda karena even ini merupakan sudah masuk kategori internasional, katanya lagi.

Selanjutnya, Tour de Singkarak Etape 8 Tahun 2019 akan berlangsung 9 November 2019 di Kota Sungai Penuh menuju Kabupaten Pesisir Selatan yang dimulai dari Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh dan berakhir di Alun alun Painan Kabupaten Pesisir Selatan.

MI – 074