Akhir Masa Kerja, Presiden Jokowi Silaturahmi dengan Wapres Jusuf Kalla dan Para Menteri Kabinet Kerja.
JAKARTA РMI Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berkokok dilakukan saat acara ramah tamah Kabinet kerja. Ramah tamah ini selain diisi dengan makan bersama juga ada acara hiburan.

Acara hiburan dipandu Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit atau yang akrab disapa Cak Kardi. Nampak Penyanyi Keroncong Endah Laras, menghibur Presiden dan Wapres beserta jajaran Kabinet Kerja, di Istana, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Saat menyanyikan lagu jawa berjudul Jago Kluruk atau Ayam Berkokok, Cak kardi mengatakan, bahwa JK dijuluki “Ayam Jantan dari Ujung Pandang”.

Endah Laras pun ingin mendengar JK menirukan suara ayam berkokok sambil menyanyikan lagu jawa tersebut. Endah pun mendekat ke kursi JK, saat disodori mikrofon JK pun langsung menirukan suara ayam berkokok

“Uu, uuu,” tiru JK.

Endah pun meminta agar JK menunggu dirinya bernyanyi terlebih dahulu sebelum berkokok.

“Wes wah esuk, jagone kluruk (sudah pagi, ayamnya berkokok),” tutur Endah.

“Uu, uuu,” saut JK lagi.

“Ayam Jantan dari Ujung Pandang bunyinya tegas dan pendek,” seloroh Cak Kardi.

Hal ini pun disambut riuh oleh presiden dan jajaran kabinet kerja. Tak berhenti di situ saja, Presiden Jokowi pun jadi sasaran Endah Laras untuk berkokok.

“Nuwun sewu Bapak. Pak? Wes wayah esuk jagone kluruk,” ucap Endah.

“Kukuruyuk,” tiru Jokowi.

Tak puas, Endah pun meminta agar Presiden Jokowi melakukannya sekali lagi. “Sekali belum marem (belum puas). Sekali lagi pak. Wes wayah esuk jagone kluruk,” tutur Endah lagi

“Kukuruyuk,” tiru Jokowi lagi.

Kejadian ini membuat Istana Negara ramai dengan teput tangan dan tawa dari para menteri dan awak media. Acara ramah tamah ini memang berlangsung cair.

Selain sambutan pesan kesan Presiden dan Wapres, penampilan Elek Yo Ben pun juga ikut meramaikan suasana. Band yang digawangi Menkeu Sri Mulyani, MenPUPR Basuki Hadimuljono, Menlu Retno Marsudi, Menhub Budi Karya Sumadi, Menaker Hanif Dakhiri, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf. Elek Yo Ben menyanyikan lagu My Way milik Frans Sinatra dan Suket Teki milik Didi Kempot.MI-003