Pengusaha Muda Bersama 21 Importir Kopi Lakukan Temu Bisnis

ACEH – Aceh terkenal dengan Kopi Arabika Gayo yang telah masuk  pasar internasional.  Pada pekan lalu, tanggal 13-15 Juni 2017, dalam acara World of Coffee Expo yang berlangsung di Budapest, Hungaria, cukup banyak para eksportir yang bergabung di booth Indonesia.

Melihat banyak respon positif akan Kopi Gayo Aceh, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Iskandar mengatakan bahwa perhatian pemerintah akan satu booth khusus untuk kopi Arabika Gayo menjadi usulan para Eksportir Kopi yang pantas dipertimbangkan serta diupayakan, untuk mendapatkan fasilitas oleh Pemerintah Aceh.

Dalam acara tersebut, salah satu pengusaha kopi Arabika Gayo, Iwannitosa Putra asal Kabupaten Aceh Tengah  melakukan 21 temu bisnis dengan para pembeli/Importir Kopi dalam satu hari.

Mengutip dari laman acehprov.go.id, Selasa (20/6) Iwannitosa, Direktur PT. Meukat Komoditi Gayo ini mengatakan bahwa  penjajakan bisnis telah dilakukan yakni dengan dengan menunjukkan sampel green bean Kopi Arabika Gayo hingga melakukan cupping test.

“Dari hasil 21 temu bisnis, kami mendapatkan buyer yang serius, dan memang selalu seperti ini, para buyer biasanya meminta sampel dan menguji cita rasa kopi yang kita bawa, ” ujar Iwan, Jum’at,  16 Juni 2017 di Hungexpo Budapest.

Banyak dari pembeli/importir yang telah tertarik untuk melakukan transaksi namun problem yang dihadapi adalah produk kopi belum memasuki masa panen sehingga masih harus menunggu hingga panen raya di bulan oktober mendatang.  Masih ada 3-4 bulan lagi untuk panen tiba, sementara permintaan akan kopi perlu cepat.

Perbedaan waktu dan musim ini membuat konsumsi akan kopi tidak dapat segera dipenuhi, maka diperlukan suatu kontrak kerjasama (MoU) yang harus ditandatangani.

Para importir yang tengah serius tertarik Kopi Arabica Gayo Aceh diantaranya dari Austria,  Swiss,  United Kingdom, Germany,  Italy, Netherlands, Spanyol, USA dan Sweden.(BI)

author
No Response

Leave a reply "Pengusaha Muda Bersama 21 Importir Kopi Lakukan Temu Bisnis"