Jalan Layang Tol BORR Seksi IIB Bakal Punya Dua Pintu

BOGOR – Jalan layang tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIB (Kedungbadak -Yasmin) dirancang memiliki dua pintu tol.

Dua pintu terdiri dari satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (pengelola tol BORR) Hendro Atmodjo mengatakan, dua pintu tol dibangun di ujung jalan tol di dekat simpang Yasmin.

Pintu keluar tol dibangun di depan Rumah Makan Ampera, untuk kendaraan dari arah Jakarta atau Sentul. Sedangkan pintu masuk tol dibangun di depan SPBU di Jalan Soleh Iskandar, untuk mobil dari arah Parung maupun Yasmin, atau Jalan KH Abdullah Bin m Nuh.

“Pintu keluar diberi nama pintu Kedungjaya 1 dan pintu masuk tol diberi nama Kedungjaya 2. Sebab posisinya di Kelurahan Kedungjaya,” ucap Hendro ketika dihubungi Wartakotalive.com, Jumat (24/2/2017).

Untuk mengatasi penyempitan di lokasi pintu masuk dan keluar di Jalan Soleh Iskandar, kata Hendro, bakal dibangun jalan samping di lokasi itu.

Jalan samping dibuat untuk menggantikan titik Jalan Soleh Iskandar yang terambil oleh pintu keluar dan masuk tol.

“Bahkan nanti jalan samping itu akan dibuat lebih lebar dari jalan yang terambil,” jelas Hendro.

Untuk membangun jalan samping, kini tengah diproses pembebasan lahan dan bangunan rumah di sekitar lokasi pintu tol.

Saat ini total lahan dan bangunan yang belum dibebaskan tinggal 6.000 meter lagi. Lahan dan bangunan itu termasuk yang ada di lokasi pintu tol, simpang Yasmin, dan beberapa lokasi lainnya.

“Sudah deal semua untuk pembebasannya. Tinggal dibayarkan saja,” ujar Hendro.

Total ada 4,6 hektare lahan dan bangunan yang dibebaskan untuk pembangunan tol BORR seksi IIB. PT Marga Sarana Jabar menggelontorkan dana Rp 1 triliun untuk pembebasan lahan.

Sampai akhir Februari 2017, pembangunan jalan layang tol BORR seksi IIB sudah mencapai pembuatan pondasi bor pile, serta pemasangan jalinan besi di atas bor pile untuk pengecoran tiang penyangga box girder.

Hendro mengatakan, pembuatan pondasi bor pile diperkirakan akan berlangsung sampai Juni 2017. Sementara tenggat waktu proyek sampai Juni 2018.

Proyek jalan layang tol BORR seksi IIB dikerjakan PT Wijaya Karya Tbk dengan total nilai proyek Rp 852,6 milliar.(BI)

author
No Response

Leave a reply "Jalan Layang Tol BORR Seksi IIB Bakal Punya Dua Pintu"